Sabtu, 16 Juli 2011

Karya Seni Instalasi Pada Malam Resepsi Ulang Tahun AJI




Dalam rangka ulang tahun Aliansi Jurnalis Independen (AJI) ke-17, digelar malam resepsi di Galeri Nasional Jakarta, pada 8 Juli 2011. Pada acara malam resepsi juga ditampilkan sebuah Pameran Karya Seni Instalasi karya Tisna Sanjaya.
Seperti kita ketahui, Tisna Sanjaya adalah seorang seniman asal Bandung yang bekerja dengan berbagai media dan materi. Baginya, seni tidak terkotak-kotakan, seni adalah satu, yang membedakan hanyalah bentuk, media, materi, rasa dan ekspresi seniman dalam mencerna dan memahami esensi seni.
Memang, belakangan ini sering sekali ada penyelenggaraan pameran seni yang menarik dengan tema yang luar biasa. Masing-masing pameran tersebut mempunyai kekuatan yang khas sebagai suatu pameran dan cenderung selalu membawa wacana baru di dalam dunia seni Indonesia. Kini Di ulang tahun AJI ke-17, Tisna pun menampilkan seni instalasi bertema “Amnesia Cultura 2011”. Gaya lukisan dan karya-karya seni Tisna yang kritis ini sejalan dengan semanagat perjuangan AJI.
Belasan karya seni instalasi yang terpampang di dalam gedung B. Ruang Temporer ini merupakan bentuk kreatifitas dari pekerja seni yang menganggap seni itu selain sebagai sebuah ekspresi juga menyampaikan kegundahan diri, metafor, sublim. Seni sangat kaya akan berbagai cara untuk menentukan jalan baru, inspirasi untuk sama-sama melakukan perubahan dan pembenahan lingkunghan agar lebih baik.
Karya yang dipamerkan terdiri dari lukisan berbentuk abstrak yang menggambarkan tengkorak dari manusia dan beberapa gambar manusia, seolah memberikan sebuah kesan yang ekspresif. Pada dasarnya setiap seni itu memiliki sebuah makna. Dari tema yang diutarakan oleh Seniman Tisna Sanjaya ini, merupakan sebuah ruang penyadaran akan penyakit Amnesia Cultura.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar